Mendidik Anak

Mendidik anak bukanlah menjadi perkara yang mudah. Apalagi jika dalam mendidik anak mengalami kekeliruan yang dapat menjadi sang anak memiliki dampak yang buruk dan berkepanjangan bagi kehidupan mendatang sang anak. Maka dari itu sebagai orang tua penting mempelajari prinsip ilmu parenting agar dapat membuat anak menjadi karakter yang anak positif.

Anak merupakan anugerah yang terindah bagi setiap insan suami istri, apalagi bila kehidupan suami istri anda telah bertahun tahun belum dikaruniai buah hati. Anak sering dibagaikan sebagai kertas putih yang kosong yang akan diisi dengan harapan dan gagasan yang sangat diinginkan. Semua itu bisa terjadi bila dalam mengasuh anak dengan benar. Ada beberapa prinsip pola asuh untuk sang buah hati yang dapat diterapkan diantaranya.

  1. Jangan terlalu memanjakan sang anak

Banyak orang tua yang ingin memberikan yang terbaik bagi sang buah hati agar sang buah hati bahagia. Hal ini boleh saja dilakukan namun jangan sampai kelewat batas dalam memanjakannya.

  1. Menjadi panutan yang baik untuk sang anak

Para orang tua pasti menginginkan sang anak menjadi orang yang baik, santun, mandiri, jujur, rajin, penyayang dan memiliki sifat toleran terhadap sesama bukan? Bila anda menginginkannya pastikan anda telah melakukan dan menjalani kehidupan yang seperti itu untuk menjadi panutan yang baik untuk sang anak.

  1. Tumbuhkan sifat mandiri pada sang anak

Mengembangkan sifat ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sang anak yang akan datang karena akan membuat anak dapat mengarahkan dirinya sendiri tanpa tergantung pada orang lain. Namun sifat ini tidak dapat muncul dengan sendiri nya dan harus dirangsang pertumbuhannya diantara caranya dapat dengan memberikan kepercayaan ketika sang anak sedang melakukan tindakan. Bukan hanya anak yang harus menghormati orang tua namun orang tua pun juga harus menghormati anak dengan cara memberikan kepercayaan kemampuan sang anak.

  1. Luangkan waktu untuk selalu bersama anak

Anak yang tidak mendapatkan perhatian dari orang tua nya akan membuat sang anak memiliki perilaku yang buruk, mereka melakukan ini agar mendapatkan perhatian dari orang tua nya. Jadi, selalu berikan waktu luang mu walaupun dirimu sedang sibuk dalam kehidupannya.

  1. Berikan peraturan di rumah dan beri alasannya

Memberikan peraturan dan menerapkan dalam kehidupan sehari hari dapat membantu si kecil dalam belajar mengendalikan diri dan juga membuat sang anak dapat membedakan apakah perilaku itu buruk atau baik serta jangan lupa berikan alasan dari perilaku tersebut.